Refleksi PPL H1 SMK 4 Negeri Semarang

 Refleksi Pembelajaran PPL H1 SMK 4 Negeri Semarang



Refleksi pada pengajaran dan observasi PPL PPG dalam kegiatan pembelajaran di SMK Negeri 4 Semarang :
  • Kegiatan pembelajaran menggunakan media pembelajaran Blog sebagai tempat untuk menulis Descriptive text oleh siswa Kelas X DIPB 2 dan X DIPB 3.
  • Guru belum memberikan kegiatan pembukaan apersepsi dan asesmen diagnostik dalam awal kegiatan pembelajaran untuk memetakan kesiapan belajar dan kemampuan belajar siswa.
  • Dengan adanya asesmen diagnostik, guru dapat mengetahui siswa telah memahami materi descriptive text sehingga guru dapat merancang kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran diskusi seperti Problem-based Learning dan Project-based Learning.
  • Setelah melakukan kegiatan diagnostik, guru perlu mengelompokkan siswa dan memberikan kegiatan games agar menarik belajar siswa sehingga siswa bersemangat dalam belajar.
  • Dengan adanya diskusi, siswa dapat belajar bekerja sama dengan temannya dan mereka dapat saling bertukar ide/pendapat tentang materi yang akan dipelajarinya.
  • Misalkan yang dipelajari adalah Descriptive Text tentang Historical Place.
  • Guru akan menyiapkan video tentang Historical Place, dan memberikan pertanyaan yang dapat dituangkan dalam LKPD, kemudian siswa berkelompok untuk menjawab pertanyaan tersebut berdasarkan video yang telah dilihat oleh siswa.
  • Mungkin akan lebih menarik jika siswa diberikan suatu kondisi/situasi permasalahan yang sesuai dengan jurusannya, misalnya di Teknik Bangunan diberikan cerita permasalahan : Ayah Andi sedang bertamasya ke Jogja. Beliau sangat menyukai bangunan berarstitektur modern dan kuno di Jogja seperti Keraton Jogja dan Hotel Bintang 5 di Jogja.
  • Permasalahannya : Tolong bantu Ayah Andi untuk mendeskripsikan Keratn Jogja (kelompok 1)
  • kelompok 2 permasalahannya berbeda lagi.
  • dan seterusnya. Pembelajaran tersebut akan menarik dan dalam 4 jam pelajaran akan menjadi pembelajaran yang menyenangkan untuk siswa.
  • Hanya saja tadi kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa mempelajari cara penggunaan blog dan masih bingung memahami materi descriptive tex, sehingga guru membimbing mereka agar mereka dapat memahami materi tersebut secara perlahan-lahan agar pembelajaran tersebut bermakna bagi mereka.
  • Semoga ke depannya kita dapat belajar bersama untuk menerapkan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi dan memantapkan kurikulum merdeka dengan baik.


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

The Characteristics of a Descriptive Text

Descriptive Text

Responsible Decision Making